Mengatasi query ambigu alias (as) di mysql


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penggunaan alias ( as ) untuk mengatasi query ambigu di mysql .
 
Dalam penggunaan query terkadang kita melakukan pemanggilan 2 table atau lebih sekaligus. Misalkan kita mempunyai 2 table mahasiswa dan fakultas kedua table tersebut memiliki field dengan nama id.

Kita ingin menampilkan kedua id tersebut jika kita query dengan cara : 
select id,id from mahasiswa innerjoin fakultas on id = id 
maka mysql akan menganggap query kita ambigu, maka dari itu kita perlu menggunakan alias. 

Mari kita mulai mempraktekan

Dalam contoh ini saya mempunyai 2 table
1. Table mahasiswa
    Field ( id, nama, jurusan,alamat, fakultas_id )
2. Table fakultas
     Field ( id, kode, nama )

Contoh kita akan join ke 2 table dan menampilkan data nama mahasiswa, alamat mahasiswa, fakultas dari masing masing table
SELECT
a.id AS id_mahasiswa,
a.nama AS nama_mahasiswa,
a.alamat AS alamat_mahasiswa,
b.fakultas AS nama_fakultas
FROM mahasiswa AS a
INNER JOIN fakultas AS b
Penjelasan : pada contoh query diatas saya menggunakan a sebagai alias dari table mahasiswa dan b sebagai alias dari table fakultas, lalu saya merubah nama field dengan memberikan alias dari setiap field yang saya panggil. jadi penggunaan alias itu bisa dikatakan juga sebagai identifikasi.

Ok bagaimana mudahkan , untuk cara yang lebih mudah mengatasi ambigu dalam query kita gunakan prefix di setiap table yang kita buat, nanti akan saya bahas di postingan selanjutnya.
Previous
Next Post »