Cara Mengatasi Internal Server Error ( 500 ) Wordpress

Masalah internal server error (500) yang muncul di website mungkin cukup menjengkelkan karena untuk kesalahan ini kita tidak diberitahu penyebab dari kesalahan ini apa. Masalah ini tidak hanya terjadi di wordpress,  bisa saja terjadi terhadap apapun yang berjalan di server.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi internal server error pada wordpress yang lain nyusul hehehehe

Oke mari kita mulai membahas cara mengatasinya .......



Memeriksa File .htaccess
Pertama kali yang kita lakukan saat terjadi internal server di wordpress kita cek file .htaccess, kemungkinan masalah ini terjadi karena file .htaccess kita rusak.
Cara memeriksanya dengan masuk cpanel -> buka file -> cari file .htaccess -> lalu kita rename file .htacess kita dengan nama terserah anda asal jangan lupa hehehe. Jika masih sama maka penyebabnya kemungkinan bukan .htacess, selanjutnya kita masuk ke admin dashboard situs kita lalu pilih setting permalink lalu pilih yang default. Jika file .htaccess tidak tergenarate kita rubah lagi file htaccess yang kita rename kita kembalikan lagi namanya jadi .htacess lalu kita ganti isinya dengan ini

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
lalu kita masuk lagi ke permalink pilih default save.
Cara ini yang menyelamatkan pekerjaan saya dan terbukti ampuh : )

Izin Akses
  
Cara ini sangat - sangat tidak dianjurkan tpi patut dicoba jika semua usaha yang kita lakukan gagal.
Cek hak akses anda di hosting sudah sesuai atau belum, umumnya 755 atau 644 tergantung jenis  filenya. Coba rubah semua permision ke 777, jika tidak berhasil harap dikembalikan ke awal lagi agar tidak terjadi sesuatu yang di inginkan : ) .

Jika kedua cara diatas tidak berhasil maka sebaiknya anda menghubungi pihak hosting untuk mengatasi permasalahan anda. Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengatasi permasalahan internal server error ( 500 ) wordpress di website - website dan forum - forum lain, tapi cara yang saya bahas diatas adalah yang berhasil saya terapkan untuk kasus saya. Sekian tulisan saya semoga bermanfaat selamat mencoba.



Previous
Next Post »